Selasa, 11 Juni 2013

Hipotesis


KATA PENGANTAR
Alhamdulillahirabbil ‘alamin, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami berhasil menyusun makalah ini sesuai dengan kemampuan yang kami miliki.
Adapun dalam makalah ini, kami membahas mengenai “ PERUMUSAN DAN UJI HIPOTESIS” yang menitikberatkan pada: pengertian hipotesis, ciri-ciri hipotesis, jenis-jenis hipotesis, kegunaan hipotesis, cara menguji hipotesis dan cara menggali serta merumuskan hipotesis.
Kami  menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun akan kami terima dengan tangan terbuka demi kesempurnaan penyusunan makalah kami yang selanjutnya. kami berharap penyusunan makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kami semua. Amin.
Sekian dan terima kasih, Wassalam.


Makassar, 14 desember 2012


Penyusun







Daftar isi

Halaman sampul                                                                                                            i
Kata pengantar                                                                                                              1
Daftar isi                                                                                                                        2
Bab 1 Pendahuluan                                                                                                        3
1.1         Latar belakang                                                                                            3
2.1         Rumusan masalah                                                                                       3
3.1         Tujuan                                                                                                         4
Bab 2 Pembahasan                                                                                                         5
2.1         pengertian hipotesis                                                                                    5-8
2.2         Arah atau bentuk uji hipotesis                                                                    9
2.3         ciri- ciri hipotesis                                                                                         10
2.4         jenis-jenis hipotesis                                                                                     11
2.5         kegunaan hipotesis                                                                                      11
2.6         cara menguji hipotesis                                                                                 12
2.7         cara menggali dan merumuskan hipotesis                                                   13
2.8         Kesalahan pengambilan keputusan                                                             14
2.9         Menentukan tingkat kemaknaan                                                                 15
Bab 3 Penutup                                                                                                               16
·                Kesimpulan                                                                                                 16
·                Saran                                                                                                           16
Daftar pustaka                                                                                                               17



BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar belakang
Hipotesis seperti yang kita ketahui (statistik), yakni dugaan yang mungkin benar, atau mungkin juga salah. Dia akan ditolak jika salah atau palsu, dan akan diterima jika faktor-faktor membenarkannya. Penolakan dan penerimaan hipotesis, dengan begitu sangat tergantung kepada hasil-hasil penyelidikan terhadap faktor-faktor yang dikumpulkan.
Hipotesis dapat juga dipandang sebagai konklusi yang sifatnya sangat sementara. Sebagai konklusi sudah tentu hipotesis tidak dibuat dengan semena-mena, melainkan atas dasar pengetahuan-pengetahuan tertentu. Pengetahuan ini sebagian dapat diambil dari hasil-hasil serta problematika-problematika yang timbul dari penyelidikan-penyelidikan yang mendahului, dari renungan-renungan atas dasar pertimbangan yang masuk akal, ataupun dari hasil-hasil penyelidikan yang dilakukan sendiri. Jadi dalam taraf ini mahasiswa cukup membuat konklusi dari persoalan-persoalan yang diajukan dalam bab sebelumnya dan merumuskannya dalam bentuk statmen (pernyataan).

1.2         Rumusan masalah
a.              Apa yang dimaksud dengan hipotesis?
b.             Apa saya ciri-ciri hipotesis?
c.              Apa saja jenis-jenis hipotesis?
d.             Apa saja kegunaan hipotesis?
e.              Bagaimana cara menguji hipotesis?
f.              Bagaimana cara menggali dan merumuskan hipotesis?
1.3         Tujuan
a.              Menambah wawasan dan mengetahui seperti apa hipotesis dalam statistik sosial!
b.             Mengetahui bagaimana ciri-ciri dari hipotesis tersebut!
c.              Mengetahui jenis-jenis hipotesis!
d.             Bisa mengetahui seperti apa kegunaan hipotesis itu!
e.              Tahu bagaimana cara pengujian hipotesis tersebut dalam statistik sosial!
f.              Bisa mengetahui cara menggali dan merumuskan hipotesis!

BAB II
PEMBAHASAN

2.1         Pengertian hipotesis
Dari arti katanya, hipotesis memang dari dua penggalan. Kata “HYPO” yang artinya “SEMENTARA ATAU LEMAH KEBERADAANNYA” dan “THESIS” yang artinya “PERNYATAAN ATAU TEORI”. Hipotesis pada dasarnya merupakan proposisi atau anggapan yang mungkin benar, dan sering digunakan sebagai dasar pembuatan suatu keputusan/ pemecahan persoalan ataupun dasar penelitian lebih lanjut. Anggapan suatu hipotesis juga merupakan sebagi data. Akan tetapi kemungkinan bisa salah, apabila digunakan sebagi dasar pembuatan keputusan harus terlebih dahulu diuji dengan menggunakan data hasil observasi.
Uji Hipotesis adalah metode pengambilan keputusan yang didasarkan dari analisa data, baik dari percobaan yang terkontrol, maupun dari observasi (tidak terkontrol). Dalam statistik sebuah hasil bisa dikatakan signifikan secara statistik jika kejadian tersebut hampir tidak mungkin disebabkan oleh factor yang kebetulan, sesuai dengan batas probabilitas yang sudah ditentukan sebelumnya.
Uji hipotesis kadang disebut juga “konfirmasi analisa data”. Keputusan dari uji hipotesis hampir selalu dibuat berdasarkan pengujian hipotesis nol. Ini adalah pengujian untuk menjawab pertanyaan yang mengasumsikan hipotesis nol adalah benar.
Daerah kritis (en= Critical Region) dari uji hipotesis adalah serangkaian hasil yang bisa menolak hipotesis nol, untuk menerima hipotesis alternatif. Daerah kritisini biasanya di simbolkan dengan huruf C.
Dalam pengujian hipotesis kita harus mementukan tolok ukur penerimaan dan penolakan yang didasarkan pada peluang penerimaan dan penolakan H0 itu sendiri.
Interpretasi
Jika nilai p lebih kecil dari tingkat signifikan test yang diharapkan, maka hipotesis nol bisa di tolak. Jika nilai p tidak lebih kecil dari tingkat signifikan test yang diharapkan bisa disimpulkan bahwa tidak cukup bukti untuk menolak hipotesa nol, dan bisa disimpulkan bahwa hipotesa alternatiflah yang benar.
Karena ketidaktahuan apakah H0 atau H1 yang benar maka kita harus mencoba untuk mebuat keseimbangan dari keduanya. Umumnya kita mengandalkan bahwa H0 benar sehingga kita diharapkan pada kesalahan I saja (α) karena kesalahan II digunakan untuk menentukan kekuatan uji yang ditentukan.
Selang kepercayaan (1-α) sebuah parameter dalam praduga selang berkaitan erat dengan pengujian hipotesis jika H1 ditolak dengan taraf yang nyata maka selang kepercayaan (1-α) tidak mengandung parameter spesifik yang ditetapkan dalam H0.
Definisi berikut diambil dari buku karangan Lehmann dan Romano:
  • Hipotesis statistik adalah Sebuah pernyataan tentang parameter yang menjelaskan sebuah populasi (bukan sampel).
  • Statistik adalah Angka yang dihitung dari sekumpulan sampel.
  • Hipotesis nol (H0) adalah Sebuah hipotesis yang berlawanan dengan teori yang akan dibuktikan.
  • Hipotesis alternatif (H1) adalah Sebuah hipotesis (kadang gabungan) yang berhubungan dengan teori yang akan dibuktikan.
  • Tes Statistik adalah Sebuah prosedur dimana masukannya adalah sampel dan hasilnya adalah hipotesis.
  • Daerah penerimaan adalah Nilai dari tes statistik yang menggagalkan untuk penolakan hipotesis nol.
  • Daerah penolakan adalah Nilai dari tes statistik untuk penolakan hipotesis nol.
  • Kekuatan Statistik (1 − β) adalah Probabilitas kebenaran pada saat menolak hipotesis nol.
  • Tingkat signifikan test (α) adalah Probabilitas kesalahan pada saat menolak hipotesis nol.
  • Nilai P (P-value) adalah Probabilitas, mengasumsikan hipotesis nol benar.
Berikut adalah definisi hipotesis menurut para ahli:
Ø   Trealese (1960) memberikan definisi hipotesis sebagai suatu keterangan semnatara dari suatu fakta yang dapat diamati.
Ø   Good dan scates (1954) menyatakan bahwa hipotesis adalah sebuah taksiran atau referensi yang dirumuskan serta diterima untuk sementara yang dapat menerangkan fakta-fakta yang diamati ataupun kondisi-kondisi yang diamati dan digunakan sebagai petunjuk untuk langkah-langkah selanjutnya.
Ø   Kerlinger (1973) menyatakan hipotesis adalah pernyataan yang bersifat terkaan dari hubungan antara dua atau lebih variabel .
Apabila peneliti telah mendalami permasalahan penelitiannya dengan seksama serta menetapkan anggapan dasar, maka lalu membuat suatu teori sementara , yang kebenarannya masih perlu di uji (di bawah kebenaran). Inilah hipotesis peneliti akan bekerja berdasarkan hipotesis. Peneliti mengumpulkan data-data yang paling berguna untuk membuktikan hipotesis. Berdasarkan data yang terkumpul, peneliti akan menguji apakah hipotesis yang dirumuskan dapat naik status menjadi teas, atau sebaliknya tumbang sebagai hipotesis, apabila ternyata tidak terbukti.
Terhadap hipotesis yang sudah dirumuskan peneliti dapat bersikap dua hal yakni :
1.             Menerima keputusan seperti apa adanya seandainya hipotesisnya tidak terbukti (pada akhir penelitian).
2.             Mengganti hipotesis seandainya melihat tanda-tandatanda bahwa data yang terkumpul tidak mendukung terbuktinya hipotesis (pada saat penelitian berlangsung).

Untuk mengetahui kedudukan hipotesis antara lain :
1.             Perlu di uji apakah ada data yang menunjuk hubungan variabel penyebab dan variabel akibat.
2.             Adakah data yang menunjukkan bahwa akibat yang ada, memang ditimbulkan oleh penyebab itu.
3.             Adanya data yang menunjukkan bahwa tidak ada penyebab lain yang bisa menimbulkan akibat tersebut.
Apabila ketiga hal tersebut dapat dibuktikan, maka hipotesis yang dirumuskan mempunyai kedudukan yang kuat dalam penelitian.
G.E.R brurrough mengatakan bahwa penelitian berhipotesis penting dilakukan bagi :
1.             Penelitian menghitung banyaknya sesuatu
2.             Penelitian tentang perbedaan
3.             Penelitian hubungan.

2.2         Arah atau bentuk uji hipoesis
Bentuk hipotesis alternative akan menentukan arah uji statistic apakah satu arah ( one tail ) atau dua arah ( two tail ).
1.             One tile ( satu sisi )
Adalah bila hipotesis alternativena menyatakan adanya perbedaan dan ada pernyataan yang mengatakan yang satu lebih tinggi atau rendah dari pada yang lain.

2.             Two tile ( dua sisi )
Merupakan hipotesis alternative yang hanya menyatakan perbedaan tanpa melihat apakah hal yang satu lebih tinggi atau rendah dari hal yang lain.

Ø   Contoh penulisan hipotesis
Suatu penelitian ingin  mengetahui hubungan antara jenis kelamin dngan tingkat kekebalan tubuh, maka hipotesisnya adalah:
HO :  =
Tidak ada perbedaan antara tingkat kekebalan laki-laki dan perempuan atau tidak ada hubungan antara jenis kelamin dan sistem imun.
HO :  
Ada perbedaan kekebalan tubuh laki-laki dan perempuan atau ada hubungan antara jenis kelamin dan tingkat kekebalan.
2.3         Kegunaan hipotesis
Ada beberapa Kegunaan yang terdapat dari hipotesis antara lain:
a.         Hipotesis memberikan penjelasan sementara tentang gejala-gejala serta memudahkan perluasan pengetahuan dalam suatu bidang.
b.        Hipotesis memberikan suatu pernyataan hubungan yang langsung dapat diuji dalam penelitian.
c.         Hipotesis memberikan arah kepada penelitian.
d.         Hipotesis memberikan kerangka untuk melaporkan kesimpulan penyelidikan

2.4         Jenis-jenis hipotesis
Ada dua jenis hipotesis yang digunakan dalam penelitian antara lain :
1.             Hipotesis kerja atau alternatif, disingkat (H1). Merupakan keputusan yang diambil bila yang kita uji tidak spesifik dengan ketetapan H0. hipotesis kerja menyatakan adanya hubungan antara variabel X dan Y, atau adanya perbedaan antara dua kelompok.
Rumusan hipotesis kerja
·               Jika... Maka...
·               Ada perbedaan antara... Dan... Dalam...
·               Ada pengaruh... Terhadap...
2.             Hipotesis nol (null hypotheses) disingkat Ho.
Hipotesis nol merupakan hipotesis pegangan sementara atau patokan untuk memutuskan, apakah yang kita uji masih spesifik dengan ketetapan H0 atau tidak.
Hipotesis ini menyatakan tidak ada perbedaan antara dua variabel, atau tidak adanya pengaruh variabel X terhadap variabel Y
Rumusannya:
·               Tidak ada perbedaan antara... Dengan... Dalam...
·               Tidak ada pengaruh... terhadap...
Adapun Saran untuk memperoleh hipotesis:
·               Hipotesis induktif
Dalam prosedur induktif, penelitian merumuskan hipotesis sebagai suatu generalisasi dari hubungan-hubungan yang diamati
·               Hipotesis deduktif
Dalam hipotesis ini,peneliti dapat memulai penyelidikan dengan memilih salah satu teori yang ada dibidang yang menarik minatnya,setelah teori dipilih, ia lalu menarik hipotesis dari teori ini.


2.5         Ciri-ciri hipotesis
Ciri-ciri hipotesis yang baik:
1.             Hipotesis harus mempunyai daya penjelas
2.             Hipotesis harus menyatakan hubungan yang diharapkan ada di antara variabel-variabel-variabel.
3.             Hipotesis harus dapat diuji
4.             Hipotesis hendaknya konsistesis dengan pengetahuan yang sudah ada.
5.             Hipotesis hendaknya dinyatakan sesederhana dan seringkas mungkin.

2.6         Menggali dan merumuskan hipotesis
Dalam menggali hipotesis, peneliti harus :
1.             Mempunyai banyak informasi tentang masalah yang ingin dipecahkan dengan jalan banyak membaca literatur-literatur yang ada hubungannya dengan penelitian yang sedang dilaksanakan.
2.             Mempunyai kemampuan untuk memeriksa keterangan tentang tempat-tempat, objek-objek serta hal-hal yang berhubungan satu sama lain dalam fenomena yang sedang diselidiki.
3.             Mempunyai kemampuan untuk menghubungkan suatu keadaan dengan keadaan lainnya yang sesuai dengan kerangka teori ilmu dan bidang yang bersangkutan.
Good dan scates memberikan beberapa sumber untuk menggali hipotesis :
·                Ilmu pengetahuan dan pengertian yang mendalam tentang ilmu
·                Wawasan serta pengertian yang mendalam tentang suatu wawasan
·                 Imajinasi dan angan-angan
·                Materi bacaan dan literatur
·                Pengetahuan kebiasaan atau kegiatan dalam daerah yang sedang diselidiki.
·                Data yang tersedia
·                 kesamaan.
Sebagai kesimpulan, maka beberapa petunjuk dalam merumuskan hipotesis dapat diberikan sebagai berikut :
·                Hipotesis harus dirumuskan secara jelas dan padat serta spesifik
·                Hipotesis sebaiknya dinyatakan dalam kalimat deklaraif dan berbentuk pernyataan.
·                Hipotesis sebaiknya menyatakan hubungan antara dua atau lebih variabel yang dapat diukur.
·                Hendaknya dapat diuji
·                Hipotesis sebaiknya mempunyai kerangka teori.

2.7         Menguji hipotesis
Sesudah hipotesis dirumuskan , hipotesis tersebut kemudian diuji secara empiris dan tes logika.
Untuk menguji suatu hipotesis, peneliti harus :
1.             Menarik kesimpulan tentang konsekuensi-konsekuensi yang akan dapat diamati apabila hipotesis tersebut benar.
2.             Memilih metode-metode penelitian yang mungkin pengamatan, eksperimental, atau prosedur lain yang diperlakukan untuk menunjukkan apakah akibat-akibat tersebut terjadi atau tidak.
3.             Menerapkan metode ini serta mengumpulkan data yang dapat dianalisis untuk menunjukkan apakah hipotesis tersebut didukung oleh data atau tidak.
2.8         Kesalahan pengambilan keputusan
Dalam pengujian hipotesis selslu dihadapkan suatu kesalahan pengambilan keputusan. Ada dua jenis pengambilan keputusan dalam uji statistik:
1.             Kesalahan jenis I
Kesalahana ini merupakan kesalahan menolak HO, padahal sesungguhnya HO benar. Artinya menyimpulkan adanya perbedaan, padahal sesungguhnya tidak ada perbedaan. Peluang kesalahn jenis 1 adalah  atau sering disebut tingkat signifikansi ( signifikance level ). Sebaliknya, peluang untuktidak membuat kesalahan jenis I adalah sebesar I - , yang disbut tingkat kepercayan ( confidence level ).
2.             Kesalahan jenis II
Kesalahan ini merupakan kesalahan tidak menolak HO, padahal sesungguhnya HO salah. Artinya menyimpulkan tidak adanya perbedaan, padahal sesungguhnya ada perbedaan. Peluang kesalahan jenis II adalah . Peluang untuk tidak membuat kesalahan jenis II adalah sebesar 1 -, dan dikenal sebagai tingkat kekuatan uji ( power of the test ).

Tabel kesalahan pengambilan keputusan
keputusan
Populasi
HO benar
HO salah
Menerima HO
Tepat (1-)
Keslahan jenis II ()
Menolak HO
Kesalahan jenis I ()
Tepat (1-)

Power of test (kekuatan uji)
Power of test merupakan peluang untuk menolak hipotesis nol ( HO ) ketika Ho memang salah atau dengan kata lain kemampuan untuk mendeteksi adanya perbedaan bermakna antara kelompok-kelompok yang diteliti ketika perbedaan-perbedaan itu memang ada.
Dalam pengujian hipotesis dikehendaki nilai  dan  kecil atau ( 1-)  besar, namun hal ini sulit dicapai karena bila  semakin kecil, nilai  akan semakin besar. Berhubung harus dibuat keputusan menolak atau tidak menolak HO, maka harus diputuskan untuk memilih salah satu saja ang harus diperhatikan , yaitu  dan  yang harus diperhatikan. Pada umumnya untuk amannya dipilih.

2.9         Menentukan tingkat kemaknaan ( level of significance )
Tingkat kemaknaan, atau sering disebut dengan nilai , merupakan nilai yang menunjukkan besarna peluang salah dalam menolak hipotesis nol. Dengan kata lain, nilai  merupakan batas toleransi peluang salah dalam menolak hipotesis nol. Dengan kata-kata yang lebih sederhana, nilai  merupakan nilai batas maksimal kesalahan menolak HO. Bila kita menolak HO, berarti menyatakan adanya perbedaan/ hubungan. Dengan demikian, nilai  dapat diartikan pula sebagai batas maksimal kita slah menyatakan adanya perbedaan.
Untuk menguji hipotesis, terlebih dahulu harus ditentukan nilai  = kesalahan jenis I yang sering juga disebut tingkat nyata ( significant level ). Kebiasaan dalam dunia kedokteran, ekonomi/ bisnis dan petanian, nilai  masing-masing sebesar 1%, 5%, dan 10%. Besarna nilai ini sebenarnya bergantung pada keberanian pembuat keputusan ( decision maker ), berapa besarnya kesalahan yang akan ditolerir. Yang disebut daerah kritis pengujian atau daerah penolakan ialah himpunan nilai-nilai sampel, apabila diteliti, yang akan mengarah pada penolakan hipotesis.




















BAB III
PENUTUP

3.1         Kesimpulan
Uji Hipotesis adalah metode pengambilan keputusan yang didasarkan dari analisa data, baik dari percobaan yang terkontrol, maupun dari observasi (tidak terkontrol). Dalam statistik sebuah hasil bias dikatakan signifikan secara statistik jika kejadian tersebut hampir tidak mungkin disebapkan oleh factor yang kebetulan, sesuai dengan batas probabilitas yang sudah ditentukan sebelumnya.
Hipotesis yakni dugaan yang mungkin benar, atau mungkin juga salah. Dia akan ditolak jika salah atau palsu, dan akan diterima jika faktor-faktor membenarkannya. Penolakan dan penerimaan hipotesis, dengan begitu sangat tergantung kepada hasil-hasil penyelidikan terhadap faktor-faktor yang lain.





DAFTAR PUSTAKA

Ø   Arikunto, Suharsimi, 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktika. Jakarta: Rineka Cipta.
Ø   Furchon, Arief, 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Ø   Faisal, Sanapioh, 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Usaha Nasional: jakarta.
Ø   Nazir, Moh.,ph. D, 2003. Metode penelitian, Ghalia indonesia: jakarta.
Ø   Wikipedia : Uji Hipotesis. Diakses tanggal 30 november 2012.
Prof. Dr. Mundilarto yitnosumarto, Ir. Suntoyo, M.agr.,ph.D, 1990. Dasar-dasar statistika. Rajawali: Jakarta.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar